Pantai Kuta Bali

Jika zona hijau Karangasem bisa dipercepat, ia optimis pariwisata di Bumi Lahar akan mulai menggeliat. Cok Ace mangajak pelaku pariwisata menjadikan kajian itu KONG4D sebagai dasar untuk persiapan pembukaan pariwisata Bali. Nah, dari situ kita tahu apa yang mesti disiapkan untuk menyambut kedatangan mereka,” tambahnya.

Sudah beberapa hari berlibur di Bali, Tya dan suami juga memutuskan untuk memiliki “we time” saat anak-anak sudah tidur. Sudah banyak artis Indonesia yang melakukan liburan usai berbulan-bulan di rumah saja selama pandemi. Misalnya saja, Putri Titian yang beberapa waktu lalu ke Bali bersama keluarganya. Para wisata memanfaatkan tangga menuju pantai sebagai spot berfoto dengan latar birunya laut dihiasi tebing batu yang mengagumkan. Untuk mencapai pantai berpasir putih ini, Anda harus menuruni sebuah anak tangga yang terbuat dari batu yang telah dilengkapi dengan pagar pengaman.

Pria yang mulai merintis usaha tour & travel sejak tahun 2011 ini, mengaku dapat menerima kunjungan wisatawan rata-rata 30 orang per bulan sebelum pandemi melanda. Jumlah itu bisa naik dua kali lipat jika memasuki puncak musim liburan. Pemulihan pariwisata di pulau Dewata, ujar dia, lebih cepat dari yang diperkirakan.

Ia mengatakan di Tiongkok sendiri, pariwisata domestik sudah kembali berjalan seperti semula dan sampai saat ini tidak ada kasus positif akibat lalulintas pariwisata. Dari kasus ini Gus Agung berharap masyarakat Bali dan wisatawan bisa lebih mematuhi protokol kesehatan dan memakai masker sesuai dengan yang dianjurkan. Ida Bagus Agung Adyana, ketua Bali Tourism Board menjelaskan tanggal 9 Agustus 2020 pemerintah sudah memberi kelonggaran untuk kembali membuka wisata di Bali untuk para wisatawan domestik. Tentunya di masa pandemi ini, kita memiliki tanggung jawab untuk menjaga diri kita, keluarga, serta orang-orang di sekitar kita, sehingga penting untuk tetap melaksanakan protokol keamanan dan kesehatan saat liburan sekalipun. Terakhir, setelah liburan itu usai, jangan lupa untuk melakukan isolasi mandiri.

Karena pandemi tidak ada yang berlibur ke Bali

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Gumilar Ekaya misalnya menyatakan, pelaku usaha wisata tidak diperbolehkan melakukan perayaan kegiatan di malam tahun baru 2021 demi mencegah penularan virus korona. Namun, pemerintah daerah juga perlu mengantisipasi bila ada pengunjung internasional yang berisiko menularkan virus, terutama varian baru. Artinya, seluruh aktivitas wisata mereka harus terpantau dan tidak boleh melenceng dari yang diperbolehkan pemerintah melalui agen perjalanan. Pastikan Anda selalu memakai masker, rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta tetap menjaga jarak aman dengan orang lain. Menurutnya, Bappenas telah memiliki standar ketentuan untuk sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini tentu saja untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan selama berlibur di Bali. digital untuk memajukan sektor pariwisata Indonesia ini pun, telah mendapatkan dukungan langsung dari Kemenparekraf/Baparekraf. Namun jika sendirian, dia berpikir dua kali untuk ke pantai dan gunung yang ada di Malang. Sementara di Bali, Carlos ditemani biro perjalanan yang mengantar dan memberikan rekomendasi wisata.

Badan Pusat Statistik mencatat pertumbuhan ekonomi lapangan usaha di sektor pariwisata di Bali terkontraksi pada 2020. Misalnya, transportasi dan pergudangan -31,79%, kemudian penyediaan akomodasi dan makan-minum -27,52%. Pemrpov Bali juga melaksanakan program We Love Bali dengan menggerakkan wisatawan lokal. “Kita juga mempersiapkan pariwisata Bali untuk menerima kunjungan wisatawan, dengan melaksanakan verifikasi fasilitas dan daya tarik wisata” jelasnya. Jangan salah, karena Bali pun memiliki destinasi wisata yang ramah anak, salah satunya adalah Kebun Binatang Bali atau Bali Zoo.