Majelis Ulama Indonesia

“Agar ini tidak hanya menjadi destinasi wisata lokal tapi harus menjadi destinasi wisata dunia. Untuk itu, ajak berbagai lembaga internasional untuk membantu dan mengawal ini. Kita buktikan bahwa kita bisa, sehingga dunia yakin bahwa Bali siap menjadi lokasi wisata yang Tembak Ikan Terpercaya aman. “Ini menjadi contoh destinasi wisata dunia, jadi orang datang merasa aman, tidak takut apapun karena demikian disiplinnya kita menjaga kesehatan,” tutur Menkes. Kemenparekraf berencana akan menjadikan Bali sebagai pilot project untuk penerapan program CHS .

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali I Putu Astawa, 22 April 2020. Menurutnya, saat ini seluruh stakeholders atau komponen pariwisata Bali masih fokus pada penanggulangan COVID-19. “Nantinya, sudah boleh kumpul-kumpul di maksimal 100 orang dan perekonomian dapat digerakkan lebih leluasa lagi. Perjalanan internasional juga akan dibuka kembali, meskipun terbatas di wilayah Pasifik dan juga menerima kedatangan orang asing untuk belajar di Australia,” jelasnya lagi. “Untuk membuka pariwisata bagi wisman perlu kehati-hatian, lantaran citra Bali yang kuat di dunia internasional jangan sampai ada second wave dan mencoreng citra Bali sendiri,” ujarnya.

Bali setelah covid

“Kami berharap semua berjalan lancar dan astungkara Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberkati. 5 Juli nanti aka nada persembahyangan bersama dipimpin oleh Gubernur Bali untku membuka pariwisata kita, dan oktober nanti jika keadaan bisa dikendalikan pariwisata internasional akan dibuka, karena dalam waktu dekat Eropa juga akan membuka perbatasan mereka. Untuk tim verifikator atau assessor sendiri, kadis Astawa mengaku sudah dilakukan pelatihan-pelatihan terlebih dahulu, baik dari tim dari Dinas Kesehatan maupun Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Provinsi Bali.

Sekitar empat ribu orang turis lokal tiba di Bali setiap hari sejak 31 Juli, yang menjadi penyebab menyebarnya virus di pulau tersebut, menurut Dr Mahardika. Terkait itu, ia meminta Pemerintah Provinsi Bali membuat semacam petunjuk pelaksanaan atau pedoman protokol kesehatan bagi pelaku usaha pariwisata. Ia mengatakan, vaksinasi merupakan salah satu strategi utama untuk menyelesaikan masalah pandemi Covid-19. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terimbas parah karena pandemi tak bisa bangkit bila mengabaikan penyelesaian masalah kesehatan ini. Diharapkan dengan vaksinasi bisa tercipta kekebalan komunitas atau herd immunity.

Ia meminta kepala daerah di sejumlah daerah Jawa dan Bali untuk mempercepat upaya pemutusan penularan corona. “Jika Protokol Kesehatan sudah diterapkan dengan baik, maka akan mempengaruhi image masyarakat. Image pasar itu akan terbentuk bahwa Badung sudah siap untuk dikunjungi.

Untuk mencapai hal itu, dia mengajak pemerintah pusat dan pemerintah daerah berkomitmen melaksanakan 3T . Ketua bidang Data dan Informasi Teknologi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, mengatakan keterisian tempat tidur di rumah sakit yang menerapkan PPKM turun di bawah 70%, kecuali Jakarta. Merdeka.com – Belasan Pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Garut dinyatakan positif Covid-19, setelah melakukan kegiatan di Pulau Dewata, Bali. Pada kesempatan ini juga digunakan Gubernur Koster untuk mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi terhadap bantuan dan dukungan yang telah diberikan pemerintah RRT dalam upaya penangangan pandemi Covid-19 di Bali.

Tapi usai wabah Corona berhasil diatasi, Bali akan ramai lagi dan sektor wisata akan tumbuh pesat. Hal ini diungkapkan pelaku bisnis pariwisata di Bali dalam sebuah diskusi. Menurut Dante, vaksin drive-thru menjadi salah satu upaya akselerasi yang dikerjakan untuk mempercepat proses penyuntikan vaksinasi Covid-19 mencapai target.

Agar ketika Anda sudah sampai di Bali, Anda siap secara fisik sehingga fisik Anda mampu untuk diajak berkeliling Bali dan mengunjungi berbagai wisata yang sangat memanjakan mata dan pikiran Anda. “Bisa jadi terpapar sebelum berangkat. Jadi pas berangkat masih masa inkubasi. Namun memang betul seperti itu (dinyatakan positif Covid-19 usai melakukan kegiatan di Bali). Karena sekarang kan bisa di mana saja terpaparnya,” kata Leli, Senin (7/12). Sedangkan menyangkut penanganan pandemi Covid-19 di Bali dan Indonesia, menurut Gubernur Koster secara umum sangat baik. Namun kami tetap mohon bantuan mendukung penanganan Covid-19 di Bali,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta seluruh pelaku usaha pariwisata di Bali segera mengadopsi kebiasaan baru selama pandemi COVID-19, antara lain mempraktikkan protokol kesehatan. Melihat data tersebut, tak heran jika Kristianto berharap agar pemerintah Australia segera membuka perjalanan internasionalnya di tahap ketiga, khususnya ke Indonesia. Apalagi, hasil survei dari booking.com menyebutkan bahwa masyarakat Australia memiliki keinginan yang tinggi untuk pergi ke Indonesia pasca COVID-19.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2020 terkontraksi cukup dalam hingga -5,32%. Jika kuartal III pertumbuhan ekonomi kembali terkontraksi, maka Indonesia dipastikan masuk jurang resesi. Sejumlah sektor industri pun alami kerugian akibat pandemi virus SARS-CoV-2 yang pertama kali muncul di Wuhan, Cina, akhir tahun lalu ini, tak terkecuali industri pariwisata.